Sabtu, 01 Oktober 2011

Jujur Obat Stres

Berapa kali anda berbohong selama satu tahun? Ternayata jumlahnya cukup banyak dengan berbagai alasan. Tapi para ahli mengingatkan pentingnya berkata jujur karena berbohong tidak baik untuk kesehatan. Hasil penelitian yang dilakukan Katie Maggs menemukan bahwa laki-laki rata-rata berbohong 1.092 per tahun, yang berarti berbohong tiga kali dalam sehari. Sebaliknya perempuan berbohong rata-rata 728 kali dalam setahun, atau sekitar dua kali dalam sehari.
Laki-laki biasanya berbohong untuk menutupi kebiasaaan buruknya, dan perempuan biasanya untuk menutupi perasaan yang sebenarnya. "Berbohong nampaknya menjadi sifat yang tak terelakan dari sifat manusia, tetapi ini merupakan bagian penting dari interaksi sosial" Ujar Katie Maggs, kurator medis asosiasi di Museum Science, yang menugaskan penelitian, seperti dilansir dari Dailymail, 18 mei 2010.
Penyangkalan diri atau berbohong, membuat seseorang merasakan emosi negatif yang mengarah pada stres yang dipendam. Sedangkan berkata jujur akan melepaskan tekanan emosi sehingga mengurangi risiko stres. Bila anda berkata jujur maka itu akan melindungi diri dari hormon stres, Sedangkan berbohong akan membuat perasaan tertekan dan bisa menjadi bom waktu yang meledak kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar